Ketika Elemen Nasi Tumpeng Menjadi Segelas Cocktail

Senin, 21 Januari 2019. Saya diundang menjadi Guest Commentator Judge di MixoChef Burst II, sebuah event kompetisi mixologist yang diselenggarakan tahunan oleh Asosiasi Bartender Indonesia. Menarik. Karena, sebelum acara ini, saya tahunya hanya ada segelintir kecil saja mixologist di Indonesia. Semakin menarik, karena tema kompetisi kali ini adalah Hot Section. Artinya, para peserta diharuskan menggunakan bahan-bahan dari hot kitchen sebagai unsur di cocktail yang mereka buat.

Ocean 360, di Discovery Mall, Kuta, Bali. Dua puluh satu peserta bergiliran mempresentasikan cocktail karya masing-masing di depan juri; saya, Arey Barker, Nyoman Picha, Aldho Goenawan, Ayip Dzuhri dan Elva Buana. Beberapa yang layak di-highlight, antara lain; Timbungan Fizz yang terinspirasi dari santapan tradisional Bali dalam bambu, Duck L’Orange yang menggunakan orange curacao infused duck stock, Marinara Cocktail dengan clarified marinara mix dan butter prawn oil washed vodka, Tom Pirates yang mengambil tom yum sebagai dasar rasa, Lissoi Kapten yang memajukan bahan dasar khas masakan Batak yaitu andaliman, Lawrencefield yang secara berani mengambil rujak kuah pindang khas Bali sebagai base rasa, A Letter From The Sea yang bercita rasa khas Jepang dengan miso dan umami stock-nya, Loot History Of Semarang yang membawa carbonated soto, Spicy Smoked Pork Cocktail yang mengingatkan pada se’i babi khas Kupang, Curry Kapitan dengan semilir rasa kari, dan 1834, yang menampilkan nasi tumpeng menjadi cocktail kece.

Tak hanya rasa, aroma, serta tampilan cocktail. Pengetahuan mengenai brand Captain Morgan – merek rum yang menjadi sponsor utama acara ini serta menjadi salah satu bahan wajib pakai, tehnik dan kreativitas, serta penampilan mixologist dan kemampuan berkomunikasi mereka juga menjadi bahan penilaian dalam kompetisi ini. Dalam waktu yang ditentukan, peserta juga harus menyelesaikan presentasinya.

Dan setelah usai, berdasarkan nilai yang diperoleh dan hal-hal lainnya, maka inilah para pemenang Burst 2 Mixochef Mixologist Competition 2019:

1st – Prindi Sandika Putra – Ayana Resort & Spa
2nd – Aris Prithana – The Anvaya Beach Resort
3rd – Yudhizt PapaTigabelas – Romeos Bar & Grillery
4th – 
Oka Jagat Pratama – Sva Indonesian Tapas & Bar
5th – Rifki Riwandi – Kitchenette Beach Walk

Best on Stage – Kadek Wahyuni – La Favela

Congrats to all the winners! Saya percaya, apa yang mereka hasilkan layak untuk disandingkan dengan kreasi para mixologist internasional. Ikutan menanti lahirnya kreasi-kreasi baru dari para mixologist ini. Fingers crossed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s